Partisipasi “Little Bandung” di Pameran Sourcing Expo di Australia

By Admin

nusakini.com-- ​“Little Bandung", sebuah media promosi produk-produk kreatif UMKM kota Bandung turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran International Sourcing Expo Australia yang berlangsung di International Convention Center (ICC) Sydney, Australia pada 14-16 November 2017. Little Bandung diwakili oleh 3 produsen kreatif asal Bandung, yakni produsen produk kulit Mr. Koelit, produsen sepatu Brodo, dan produsen aksesoris metal Fourspeed. 

International Sourcing Expo Australia merupakan pameran produk pakaian jadi, sepatu, tekstil, dan aksesoris yang mempertemukan para buyers dari Australia dan Selandia Baru dengan para produsen dan pemasok dari berbagai negara, seperti Afrika Selatan, Bangladesh, China, Fiji, India, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Turki, dan Vietnam.   

Little Bandung digagas oleh Wali Kota Ridwan Kamil sebagai wadah untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk kreatif asal Bandung melalui toko kecil di luar negeri, mulai dari produk fesyen sampai dengan kuliner. Gagasan ini telah terealisasi, antara lain, di Malaysia, Korea Selatan, dan Thailand. 

Menurut Acting Konsul Jenderal RI di Sydney Dicky D. Soerjanatamihardja, partisipasi UMKM Indonesia dalam kegiatan pameran seperti ini sangat baik untuk dapat memahami selera pasar di Australia. 

“Bandung merupakan kota kreatif yang banyak menghasilkan produk-produk berkualitas dan Australia merupakan pasar potensial. Agar dapat menerobos pasar Australia, pemahaman akan selera pasar atau konsumen di sini sangat penting", ujar Acting Konjen RI Sydney menambahkan.  

Dalam pameran tersebut, produk kulit yang ditawarkan Little Bandung banyak diminati oleh para buyers karena kualitasnya yang baik. Menurut Managing Director Mr. Koelit, Arsa Ramadhan Nugraha Aji, selama mengikuti pameran, perusahaannya telah menerima sejumlah pesanan dari buyers, khususnya untuk produk tali jam kulit dan kotak perhiasan. Salah satu buyers adalah produsen perhiasan yang memasok produk-produknya, antara lain, ke department store terkemuka di Australia. Hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu pintu masuk bagi ekspansi produk kulit Indonesia yang lebih luas lagi di pasar Australia. 

Delegasi Little Bandung yang didampingi oleh pejabat Pemerintah Kota Bandung dalam kunjungan ke Sydney ini telah juga diterima oleh Acting Konjen RI Sydney, dan juga telah berkunjung ke kantor Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) dan House of Indonesia. (p/ab)